program casepilih ;

uses wincrt ;

var pilih : char ;

var angka, hasil : integer ;

var kata : string ;

procedure materi ;

begin

clrscr ;

writeln (‘Langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat’);

writeln (‘dengan menggunakan garis bilangan :’);

readln ;

writeln (‘Langkah Pertama’);

writeln (‘—————‘);

writeln (‘Carilah nilai-nilai nol (jika ada) dari bagian ruas kiri pertidaksamaan’);

readln ;

writeln (‘ax^2+bx+c=0’);

readln ;

writeln (‘Langkah Kedua’);

writeln (‘————-‘);

writeln (‘Gambarlah nilai-nilai nol itu pada diagram garis bilangan,’);

writeln (‘sehingga diperoleh interval-interval’);

readln ;

writeln (‘Langkah Ketiga’);

writeln (‘————–‘);

writeln (‘Tentukan tanda-tanda interval dengan cara mensubstitusikan nilai-nilai uji’);

writeln (‘yang berada dalam masing-masing interval’);

readln ;

writeln (‘Langkah Keempat’);

writeln (‘—————‘);

writeln (‘Berdasarkan tanda-tanda interval yang diperoleh pada langkah ketiga,’);

writeln (‘kita dapat menetapkan interval yang memenuhi’);

readln ;

end ;

procedure contohsoal ;

begin

clrscr ;

writeln (‘Contoh Soal’);

readln ;

writeln (‘Carilah himpunan penyelesaian dari setiap pertidaksamaan kuadrat berikut’);

writeln (‘dengan menggunakan garis bilangan’);

readln ;

writeln (‘x^2+x-6<0’);

readln ;

writeln (‘Jawab :’);

readln ;

writeln (‘Langkah Pertama’);

writeln (‘—————‘);

writeln (‘x^2+x-6=0’);

writeln (‘<=> (x+3)(x-2)=0’);

writeln (‘<=> x=-3 atau x=2’);

readln ;

writeln (‘Langkah Kedua’);

writeln (‘————-‘);

writeln (‘nilai-nilai nol digambarkan pada garis bilangan’);

readln ;

writeln (‘Langkah Ketiga’);

writeln (‘————–‘);

writeln (‘Memasukkan nilai uji’);

write (‘Nilai Uji 1: ‘);

readln (angka);

write (‘Maka x^2+x-6 dengan x=’);

writeln (angka);

readln;

write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);

hasil:=angka*angka+angka-6 ;

writeln (hasil);

readln ;

write (‘Nilai Uji 2: ‘);

readln (angka);

write (‘Maka x^2+x-6 dengan x=’);

writeln (angka);

readln;

write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);

hasil:=angka*angka+angka-6 ;

writeln (hasil);

readln ;

write (‘Nilai Uji 3: ‘);

readln (angka);

write (‘Maka x^2+x-6 dengan x=’);

writeln (angka);

readln;

write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);

hasil:=angka*angka+angka-6 ;

writeln (hasil);

readln ;

writeln (‘Langkah Keempat’);

writeln (‘—————‘);

writeln (‘jadi, himpunan penyelesaiannya adalah HP={x/-3<x<2}’);

end ;

procedure latihan ;

begin

clrscr ;

writeln (‘Carilah batas-batas nilai x agar grafik y=3x-1 berada di atas grafik y=x^2-x+2 ?’);

readln ;

write (‘Bisa atau Tidak ? ‘);

readln (kata) ;

if (kata=’ya’) then

begin

writeln (‘Silakan tulis jawaban anda di buku tulis !’);

end

else

writeln (‘Maaf anda harus mengulang pelajaran ini !!!’);

end ;

procedure definit ;

begin

clrscr ;

writeln (‘Definit Positif’);

readln ;

angka:=12 ;

while angka<12 do

angka:=angka+1 ;

writeln (angka);

repeat

angka :=angka-1 ;

writeln (angka) ;

until angka<2 ;

readln ;

writeln (‘Definit negatif’);

readln ;

angka:=-12 ;

while angka>-12 do

angka:=angka+1 ;

writeln (angka);

repeat

angka :=angka+1 ;

writeln (angka) ;

until angka>-2 ;

end ;

begin

writeln (‘Menyelesaikan Pertidaksamaan Kuadrat dengan Menggunakan Garis Bilangan’);

readln ;

writeln (‘1. Materi’);

writeln (‘2. Contoh Soal’);

writeln (‘3. Latihan’);

writeln (‘4. Definit Positif & Negatif’);

readln ;

write (‘Silakan masukkan pilihan yang kamu sukai : ‘);

readln (pilih);

case pilih of

‘1’ : materi ;

‘2’ : contohsoal ;

‘3’ : latihan ;

‘4’ : definit ;

else

writeln (‘#################### E R R O R ####################’);

end;

end.