Tugas 1

program pertidaksamaankuadrat;

uses wincrt;

var nama: string;

var angka, angka2, x1, x2, hasil: integer;

var nilai : integer;

begin

writeln (‘Wellcome’);

readln;

write (‘Silakan masukkan nama anda: ‘ );

readln (nama);

Write (nama) ;

writeln (‘ selamat bergabung dengan kami’);

readln;

write (‘Apakah anda siap ?  ‘);

readln (nama);

if(nama=’ya’) then

writeln (‘Mari kita mulai’);

if(nama=’no’) then

writeln (‘Harus mau dan harus siap’);

readln (nama);

clrscr ;

writeln (‘Pertidaksamaan Kuadrat’);

readln ;

writeln (‘Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan garis bilangan’);

readln ;

writeln (‘Untuk menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan garis bilangan ‘);

writeln (‘harus mengikuti langkah-langkah berikut : ‘);

readln ;

writeln (‘Langkah ke-1 Carilah nilai-nilai nol dari bagian ruas kiri pertidaksamaan’);

readln ;

writeln (‘Misalnya : ‘);

readln ;

writeln (‘x^2-4x+3<0’);

writeln (‘Maka’);

readln;

writeln (‘x^2-4x+3=0’);

writeln (‘(x-1)(x-3)=0’);

writeln (‘x=1 atau x=3’);

readln;

clrscr;

write (‘Misal x1 = ‘);

readln (x1);

write (‘dan x2 = ‘);

readln (x2);

writeln (‘Maka hasil pemfaktorannya adalah : ‘);

write (‘x2+’);

hasil:=(x1+x2);

write (hasil);

write (‘x+’);

hasil:=(x1*x2);

write (hasil);

writeln (‘=0’);

readln ;

writeln (‘Langkah ke-2 Gambarlah nilai-nilai 0 yang diperoleh pada diagram garis bilangan’);

readln;

writeln (‘Langkah ke-3 Dengan mengambil nilai uji’);

readln;

write (‘Masukkan nilai uji : ‘);

readln (nilai);

write (‘Maka x^2-4x+3 dengan x=’);

writeln (nilai);

readln;

write (‘Jika x di substitusi dengan ‘);

writeln (nilai);

writeln (‘Menjadi ‘);

write (nilai);

write (‘^2’);

write (‘-4*’);

write (nilai);

writeln (‘+3’);

readln;

write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);

hasil:=nilai*nilai-4*nilai+3;

writeln (hasil);

readln;

writeln (‘Berdasarkan perhitungan tadi tanda-tanda interval dituliskan’);

writeln (‘pada interval-interval yang sesuai’);

readln;

writeln (‘Langkah ke-4 Dengan menetapkan interval yang memenuhi’);

clrscr ;

writeln (‘Cukup Sekian Materi Dari Saya’);

Writeln (‘Terima Kasih’);

end.

____________________________________________________________

Tugas 2

program casepilih ;

uses wincrt ;

var pilih : char ;

var angka, hasil : integer ;

var kata : string ;

procedure materi ;

begin

clrscr ;

writeln (‘Langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat’);

writeln (‘dengan menggunakan garis bilangan :’);

readln ;

writeln (‘Langkah Pertama’);

writeln (‘—————‘);

writeln (‘Carilah nilai-nilai nol (jika ada) dari bagian ruas kiri pertidaksamaan’);

readln ;

writeln (‘ax^2+bx+c=0’);

readln ;

writeln (‘Langkah Kedua’);

writeln (‘————-‘);

writeln (‘Gambarlah nilai-nilai nol itu pada diagram garis bilangan,’);

writeln (‘sehingga diperoleh interval-interval’);

readln ;

writeln (‘Langkah Ketiga’);

writeln (‘————–‘);

writeln (‘Tentukan tanda-tanda interval dengan cara mensubstitusikan nilai-nilai uji’);

writeln (‘yang berada dalam masing-masing interval’);

readln ;

writeln (‘Langkah Keempat’);

writeln (‘—————‘);

writeln (‘Berdasarkan tanda-tanda interval yang diperoleh pada langkah ketiga,’);

writeln (‘kita dapat menetapkan interval yang memenuhi’);

readln ;

end ;

procedure contohsoal ;

begin

clrscr ;

writeln (‘Contoh Soal’);

readln ;

writeln (‘Carilah himpunan penyelesaian dari setiap pertidaksamaan kuadrat berikut’);

writeln (‘dengan menggunakan garis bilangan’);

readln ;

writeln (‘x^2+x-6<0’);

readln ;

writeln (‘Jawab :’);

readln ;

writeln (‘Langkah Pertama’);

writeln (‘—————‘);

writeln (‘x^2+x-6=0’);

writeln (‘<=> (x+3)(x-2)=0’);

writeln (‘<=> x=-3 atau x=2’);

readln ;

writeln (‘Langkah Kedua’);

writeln (‘————-‘);

writeln (‘nilai-nilai nol digambarkan pada garis bilangan’);

readln ;

writeln (‘Langkah Ketiga’);

writeln (‘————–‘);

writeln (‘Memasukkan nilai uji’);

write (‘Nilai Uji 1: ‘);

readln (angka);

write (‘Maka x^2+x-6 dengan x=’);

writeln (angka);

readln;

write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);

hasil:=angka*angka+angka-6 ;

writeln (hasil);

readln ;

write (‘Nilai Uji 2: ‘);

readln (angka);

write (‘Maka x^2+x-6 dengan x=’);

writeln (angka);

readln;

write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);

hasil:=angka*angka+angka-6 ;

writeln (hasil);

readln ;

write (‘Nilai Uji 3: ‘);

readln (angka);

write (‘Maka x^2+x-6 dengan x=’);

writeln (angka);

readln;

write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);

hasil:=angka*angka+angka-6 ;

writeln (hasil);

readln ;

writeln (‘Langkah Keempat’);

writeln (‘—————‘);

writeln (‘jadi, himpunan penyelesaiannya adalah HP={x/-3<x<2}’);

end ;

procedure latihan ;

begin

clrscr ;

writeln (‘Carilah batas-batas nilai x agar grafik y=3x-1 berada di atas grafik y=x^2-x+2 ?’);

readln ;

write (‘Bisa atau Tidak ? ‘);

readln (kata) ;

if (kata=’ya’) then

begin

writeln (‘Silakan tulis jawaban anda di buku tulis !’);

end

else

writeln (‘Maaf anda harus mengulang pelajaran ini !!!’);

end ;

procedure definit ;

begin

clrscr ;

writeln (‘Definit Positif’);

readln ;

angka:=12 ;

while angka<12 do

angka:=angka+1 ;

writeln (angka);

repeat

angka :=angka-1 ;

writeln (angka) ;

until angka<2 ;

readln ;

writeln (‘Definit negatif’);

readln ;

angka:=-12 ;

while angka>-12 do

angka:=angka+1 ;

writeln (angka);

repeat

angka :=angka+1 ;

writeln (angka) ;

until angka>-2 ;

end ;

begin

writeln (‘Menyelesaikan Pertidaksamaan Kuadrat dengan Menggunakan Garis Bilangan’);

readln ;

writeln (‘1. Materi’);

writeln (‘2. Contoh Soal’);

writeln (‘3. Latihan’);

writeln (‘4. Definit Positif & Negatif’);

readln ;

write (‘Silakan masukkan pilihan yang kamu sukai : ‘);

readln (pilih);

case pilih of

‘1’ : materi ;

‘2’ : contohsoal ;

‘3’ : latihan ;

‘4’ : definit ;

else

writeln (‘#################### E R R O R ####################’);

end;

end.

 

_______________________________________________

tugas 3

program casepilih ;
uses wincrt ;
var pilih,tanya : char ;
var angka, hasil, i : integer ;
var kata : string ;

procedure materi ;
begin
clrscr ;
writeln (‘Langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat’);
writeln (‘dengan menggunakan garis bilangan :’);
writeln (‘………………………………………………………………..’);
readln ;
writeln (‘—————‘);
writeln (‘Langkah Pertama’);
writeln (‘—————‘);
writeln (‘Carilah nilai-nilai nol (jika ada) dari bagian ruas kiri pertidaksamaan’);
readln ;
writeln (‘ax^2+bx+c=0’);
readln ;
writeln (‘————-‘);
writeln (‘Langkah Kedua’);
writeln (‘————-‘);
writeln (‘Gambarlah nilai-nilai nol itu pada diagram garis bilangan,’);
writeln (‘sehingga diperoleh interval-interval’);
readln ;
writeln (‘————–‘);
writeln (‘Langkah Ketiga’);
writeln (‘————–‘);
writeln (‘Tentukan tanda-tanda interval dengan cara mensubstitusikan nilai-nilai uji’);
writeln (‘yang berada dalam masing-masing interval’);
readln ;
writeln (‘—————‘);
writeln (‘Langkah Keempat’);
writeln (‘—————‘);
writeln (‘Berdasarkan tanda-tanda interval yang diperoleh pada langkah ketiga,’);
writeln (‘kita dapat menetapkan interval yang memenuhi’);
readln ;
end ;

procedure contohsoal ;
begin
clrscr ;
hasil :=1 ;
writeln (‘Contoh Soal’);
readln ;
writeln (‘Carilah himpunan penyelesaian dari setiap pertidaksamaan kuadrat berikut’);
writeln (‘dengan menggunakan garis bilangan’);
readln ;
writeln (‘x^2+x-6<0’);
readln ;
writeln (‘Jawab :’);
readln ;
writeln (‘Langkah Pertama’);
writeln (‘—————‘);
writeln (‘x^2+x-6=0’);
writeln (‘<=> (x+3)(x-2)=0’);
writeln (‘<=> x=-3 atau x=2’);
readln ;
writeln (‘Langkah Kedua’);
writeln (‘————-‘);
writeln (‘nilai-nilai nol digambarkan pada garis bilangan’);
readln ;
writeln (‘Langkah Ketiga’);
writeln (‘————–‘);
writeln (‘Memasukkan nilai uji’);
write (‘Nilai Uji 1: ‘);
readln (angka);
write (‘Maka x^2+x-6 dengan x=’);
writeln (angka);
readln;
write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);
for i:=1 to 1 do
begin
hasil:=angka*angka+angka-6 ;
writeln (hasil);
end ;
readln ;
write (‘Nilai Uji 2: ‘);
readln (angka);
write (‘Maka x^2+x-6 dengan x=’);
writeln (angka);
readln;
write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);
for i:=1 to 1 do
begin
hasil:=angka*angka+angka-6 ;
writeln (hasil);
end ;
readln ;
write (‘Nilai Uji 3: ‘);
readln (angka);
write (‘Maka x^2+x-6 dengan x=’);
writeln (angka);
readln;
write (‘Dan hasilnya adalah : ‘);
for i:=1 to 1 do
begin
hasil:=angka*angka+angka-6 ;
writeln (hasil);
end ;
readln ;
writeln (‘Langkah Keempat’);
writeln (‘—————‘);
writeln (‘jadi, himpunan penyelesaiannya adalah HP={x/-3<x<2}’);
end ;

procedure latihan ;
begin
clrscr ;
writeln (‘Carilah batas-batas nilai x agar grafik y=3x-1 berada di atas grafik y=x^2-x+2 ?’);
readln ;
write (‘Bisa atau Tidak ? ‘);
readln (kata) ;
if (kata=’ya’) then
begin
writeln (‘Silakan tulis jawaban anda di buku tulis !’);
end
else
writeln (‘Maaf anda harus mengulang pelajaran ini !!!’);
end ;

begin
repeat
clrscr ;
writeln (‘%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%’);
writeln (‘Menyelesaikan Pertidaksamaan Kuadrat dengan Menggunakan Garis Bilangan’);
writeln (‘%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%’);
writeln (‘ /=================\’);
writeln (‘<——————->’);
writeln (‘| 1. Materi         |’);
writeln (‘<——————->’);
writeln (‘| 2. Contoh Soal    |’);
writeln (‘<——————->’);
writeln (‘| 3. Latihan        |’);
writeln (‘<===================>’);
readln ;
write (‘Silakan masukkan pilihan yang kamu sukai :… ‘);
readln (pilih);

case pilih of
‘1’ : materi ;
‘2’ : contohsoal ;
‘3’ : latihan ;

else
writeln (‘################# E R R O R #################’);
readln ;
end;

writeln(‘Apakah Anda Masih Mau Lanjut ? ‘);
write (‘Tekan y/t : … ‘);
readln(tanya);

until tanya=’t’;
clrscr;
writeln (‘++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++’);
writeln (‘Terima Kasih Telah Mampir Di Program Saya ….’);
writeln (‘++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++’);
writeln (‘Ahmad Fauzi Abdullah’);
readln ;
writeln (‘Jika ada yang mau di tanyakan silahkan kirim e-mail ke : …’);
writeln (‘++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++’);
writeln (‘.===================.’);
writeln (‘|zifau90@yahoo.co.id|’);
writeln (‘=====================’);

end.

 

__________________________________________________

tugas 4

program funcDanproc_dan_PesanLokasiArray ;
uses wincrt;
var maju :longint ;
var nama :string;
var angka, angka2, angka3: longint;

var pertdk :array [1..5] of longint;
var i:longint;
var aha: byte;

procedure garis;
begin
writeln (‘!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!’);
end;

procedure garis2;
begin
writeln (‘++++++++++++++++++++++++++++++’);
end;

procedure apaaja(var a:longint);

function hasil (var a:longint) : longint ;
begin
hasil :=angka*a*a+angka2*a+angka3;
end;

begin
for i :=1 to 5 do
begin
write (‘Masukkan nilai x nya untuk X’,i,’ = ‘);
readln (pertdk[i]);

end;

writeln;
garis;
write (‘Maka nilai x yang memenuhi pertidaksamaan di atas adalah nilai x yang ke- : ‘);
readln (aha) ;
writeln (‘urutan ke-‘,aha,’ adalah ‘,pertdk[aha]);
write (‘Dan nilai x yang kamu pilih adalah : ‘);
readln (a);
writeln (‘Maka untuk x = ‘,a, ‘ hasilnya substitusinya adalah : ‘,hasil(maju));
readln ;
writeln (‘Kalau hasilnya <0 maka x tersebut memenuhi pertidaksamaan’);
writeln (‘Tapi kalau hasilnya >0 maka x tersebut tidak memenuhi’);
garis ;
writeln (‘HHHHHHHHHHHHHHHHHHH’);
writeln (‘Begitulah kira-kira’);
writeln (‘HHHHHHHHHHHHHHHHHHH’);

end;
begin
garis2 ;
writeln (‘Program Pertidaksamaan Kuadrat’);
garis2 ;
writeln (‘Masukkan Pertidaksamaan yang Anda Mau : ‘);
write (‘Angka Pertama : ‘);
readln (angka);
write (‘Angka Kedua   : ‘);
readln (angka2);
write (‘Angka Ketiga  : ‘);
readln (angka3);

if (angka2=angka2) or (angka3=angka3) then
begin
writeln (‘Pertidaksamaan yang anda buat adalah : (‘,angka,’)x^2+(‘,angka2,’)x+(‘,angka3,’)<0′);
end;
readln (nama);
apaaja (maju);
end.